Beranda | Artikel
Membaca Surah Al-Falaq Sebelum Tidur
Selasa, 23 Agustus 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Membaca Surah Al-Falaq Sebelum Tidur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 3 Muharram 1444 H / 1 Agustus 2022 M.

Kajian Tentang Membaca Surah Al-Falaq Sebelum Tidur

Surah Al-Falaq ini sebagaimana surah Al-Ikhlas, disunahkan untuk dibaca tiga kali dengan tata cara yang pernah kita sampaikan pada pertemuan sebelumnya.

DALIL LANDASAN

Aisyah Radhiyallahu ‘Anha menyampaikan dalam sebuah hadits:

“أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا “قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ” وَ “قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ” وَ “قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ” ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ، يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ”.

“Setiap malam jika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam saat akan tidur, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya. Kemudian meniupkan nafas dari mulutnya dengan sedikit air ludah. Lalu membaca, “Qul huwallahu ahad” (Surah Al-Ikhlas), “Qul a’ûdzubirabbil falaq” (Surah Al-Falaq) dan “Qul a’udzubirabbin nas” (Surah An-Nas). Kemudian mengusapkan kedua tangannya semampunya (yang bisa dijangkau) ke seluruh bagian tubuh. Dimulai dari kepala, wajah dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan hal itu tiga kali.” (HR. Bukhari)

Kandungan Surah Al-Falaq

Menit ke-8:29 Surah Al-Falaq ini menggambarkan kepada kita bahwa makhluk yang diciptakan Allah di alam semesta ini ada yang punya karakter baik dan ada yang punya karakter jahat. Karena kita masih hidup di dunia ini, maka kita akan berinteraksi dengan makhluk-makhluk yang jahat. Makhluk-makhluk yang jahat itu bisa mencelakakan kita dengan izin dan takdir dari Allah.

Maka sebagai manusia yang cerdas, kita harus berupaya bagaimana melakukan tindakan preventif (pencegahan). Bagaimana supaya kita tidak dijahati oleh makhluk-makhluk itu? Salah satu tindakan preventifnya adalah dengan membaca surah Al-Falaq.

Di dalam surah ini disebutkan beberapa contoh makhluk-makhluk jahat, dan juga disebutkan contoh waktu-waktu yang di dalamnya bermunculan makhluk jahat. Maka membaca surah Al-Falaq ini efeknya dahsyat untuk melindungi kita dari makhluk jahat. Walaupun ayatnya pendek tapi efeknya luar biasa.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52044-membaca-surah-al-falaq-sebelum-tidur/